Just another WordPress.com site

Kebijakan pemerintah Timor Leste adalah untuk membentuk badang-badang pemerintah yang akan diberikan tugas untuk mengatur kegiatan ekonomi Timor Leste yaitu campur tangan pemerintah  dalam perekonomian  pasar bebas  dengan secara langsun maupun secara tidak langsun. Badang-badang pemerintah yaitu departemen pemerintah, badang yang mengatur penanaman modal, bank sentral parlemen, pemerintah daerah dan angkatan bersenjata Timor Leste yanki FFDTL dan PNTL.

Badang-badang pemerintah  negara Timor Leste sangat mempunyai peranan yang penting untuk mengatur dan mengawasi kegiatan rumahtangga dan perusahaan dengan tujuan agar mereka dapat melakukan kegiatan-kegiatan perekonomian campuran yang secara wajar dan sehingga tidak dapat merugikan masyarakat Timor Leste secara menyeluruh

Di samping itu dapat mengatur dan mengawasi kegiatan-kegiatasn ekonomi rumahtangga dan perusahaan. Pemerintah juga melakukan sendiri kegiatan ekonomi seperti kegiatan yang menguntunkan bagi pihak swasta yaitu kegiatan mengembangakan prasarana ekonomi seperti jalan raya, jembatan, pelabuhan, dan lapangan terbang. Prasarana tersebut sangat penting sekali artinya dapat mengembangkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang lain tetapi sangat membutuhkan biaya yang tinggi, dan pengambilang resiko yang tinggi dan modal yang di tanam tidak dapat di peroleh kembali. Maka oleh sebab itu kurang menguntungkan bagi pihak-pihak perusahaan yang di meliki oleh masyarakat untuk mengembangkan prasarana.

Kegiatan-kegiatan lain yang digunakan oleh pemerintah adalah menyediakan institusi pendidikan, mengembangkan badang-badang penyelidikan, menjaga ketertiban  dan keamanan negara  dan juga menyediakan jasa-jasa yang penting peranannya bagi perekonomian negara seperti jasa angkutan transportasi darat dan udara, menyediakan jasa pos, telepon dan telegram. Oleh karena itu pemerintah sangat aktif dalam kegiatan ekonomi disector ekonomi juga dibedakan menjadi factor pemerintah dan sector swasta.

Kegagalan pasar adalah ketidakmanpuan dari suatu perekonomian pasar untuk berfungsi secara efektif dan secara efisien dan dapat menimbulkan keteguhan dalam kegiatan dan pertumbuhan ekonomi. Kegagalan ini dapat mendorong pemerintah Timor Leste  untuk  menjamin agar kesamaan hak, menjaga agar perekonomian dapat tumbuh dan mengalami perkembangan yang teratur dan stabil, mengawasi kegiatan- kegiatan perusahaan, terutama perusahaan besar yang dapat mempengaruhi pasar agar mereka tidak dapat menjalangkan praktek-praktek monopoli yang merugikan, menyediakan barang bersama yaitu barang-barang seperti jalan raya, polisi dan tentara yang pengunaanya dilakukan secara kolektif oleh masyarakat untuk menpertinggi kesejateraan social masyarakat, dan mengawasi agar eksternalitas kegiatan ekonomi yang merugikan masyarakat dihindari atau dikurangi sehingga tidak dapat merugikan bagi masyarakat secara luas.

Pemerintah sangat begitu mempunyai peranan yang begitu penting dalam kehidupan perekonomian negara Timor Leste karena peranan tersebut dapat di katakan terbatas kepada penyediaan, pengembangan infratruktur dan menyalurkan administrasi Pemerintah.

Sistem pasar bebas di Timor Leste merupakan sistem ekonomi yang mewujudkan  kegiatan ekonomi yang paling efisien, efektif dan dapat memberikan kemakmuran bagi masyarakat Timor Leste yang secara optimum

Sistem pasar bebas merupakan perekonomian pasaran yang disertai oleh campur tangan pemerintah di dalam mengatur kegiatan ekonomi contonhya seperti di negara-negara maju yaitu Amerika dan Inggris maka dapat diketahui bahwa keinginan masyarakat merupakan factor yang terutama dalam menentukan jenis kegiatasn ekonomi di negara-negara tersebut. Akan tetapi bahwa dengan jelas pemerintah tetap memegan peranan yang begitu berarti bagi pengedalian kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat Timor Leste, juga di negara-negara berkembang seperti negara kita yaitu negara Timor Leste kita sendiri.

Sistem pasar bebas adalah untuk meningkatkan factor-faktor produksi yang akan digunakan dengan efisien, kegiatan-kegiatan ekonomi dalam pasaran diatur dan diselaskan dengan efisien, pertumbuhan ekonomi yang teguh akan dapat diwujudkan  dan pelaku kegiatan ekonomi diberi kebebasan untuk melakukan kegiatan ekonomi yang disukainya.

Campur tangan pemerintah dalam pasar bebas dapat diartikan sebagai yang aktif untuk mempengaruhi kegiatan ekonomi dan juga dapat mengurangi efisiensi kegiatan ekonomi Timor Leste. Oleh karena itu pemerintah tidak secara aktif terlibat dalam mempengaruhi kegiatan ekonomi atau perekonomian tersebut akan tetapi dengan sendirinya mengatur dan membuat penyusuaian didalam berbagai aspek kegiatan ekonomi dan pengaturan dan penyusuian yang bebas dari campur tangan pemerintah dan juga dapat mewujudkan kegiatan ekonomi yang efisien dan efektif bagi sistem ekonomi yang secara langsun diatur oleh mekanisme pasar.

Kegagalan sistem pasar bebas bersumber dari ketidakmanpuan sistem pasar untuk mengatur kegiatasn ekonomi seefisien seperti yang diharapkan. Dalam kegiatan ekonomi yang sebenarnya terdapat beberapa bentuk kegagalan dari sistem pasar bebas untuk mewujudkan kegiatan ekonomi yang teguh dan efisien. Kegagalan tersebut terutama bersumber dari faktor-fakor seperti akibat eksternal yang merugikan, kekurangan produksi barang publik dan barang merit, kewujudtan kekuasaan monopoli dalam pasar, kegagalan membuat penyusuain dengan efisien atau juga distribusi pendapatan tidak setara.

Tujuan dari campur tangan pemerintah didalam pasar bebas adalah untuk mengawasi agar akibat-akibat esktern ekonomi yang merugikan dapat dihindari atau akibat buruknya dapat dikurangi, menyediakan barang publik yang cukup sehingga masyarakat dapat memperoleh barang tersebut denganmudah dan dengan ongkos yang murah pula, mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan terutama perusahaan-perusahaan yang besar dan dapat mempengaruhi pasar agar mereka tidak mempunyai kekuasaan monopoli yang merugikan khalayak ramai, menjamin agar kegiatan ekonomi yang dilakukan tidak menimbulkan penindasan dan ketidaksejateraan di dalam masyarakat  dan memastikan agar pertumbuhan ekonomi dapat diwujudkan dengan efisien.

Campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi pasar bebas adalah membuat peraturan undang-undang dasar, secara langsun melakukan beberapa kegiatan ekonomi dan juga melakukan kebijakan fiskat dan moneter di negara tertentu yantu negara Timor Leste atau negara kita yang kita cintai dan bangakan ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: